Setting JDK di Windows dan cara compile di console linux
Setelah JDK terinstall, berikutnya adalah setting Environment, hal ini dalakukan agar kita biasa compile program java melalui command promt (console). Caranya adalah :
  • Klik kanan pada My Computer computer anda dan pilih Properties akan muncul kotak dialog berikut (gambar 1) :
Gambar 1 – dialog system properties
  • Kemudian pada kotak dialog System Properties, klik tab Advanced kemudian pilih pilihan Environment Variables
Gambar 2
  • Setelah itu pilih new pada kotak dialog Environtment Variable lalu akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini
Gambar 3
  • Pada kotak dialog new system variable input variable name dengan JAVA_HOME, dan masukan Variable value dengan alamat penginstallan JDK, dalam hal ini C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_14. Setelah itu pilih Variable Path pada System Variable kemudian klik button Edit pada kotak dialog Environment Variables.
Gambar 4
  • Untuk memastikan Environment Variable JDK telah disetting dengan benar dapat dilakukan melalui console (command promt), klik Start Menu Run, ketikkan cmd. Kemudian masukan perintah java lalu enter, apabila JDK telah tersetting dengan benar maka akan muncul tampilan sebagaimana berikut :
Gambar 4
  • Atau dapat juga dicek dengan perintah javac yang akan menghasilkan tampilan seperti ini:
Compile File java di Linux
  • Bukalah console di linux. Misalnya di lingkungan Ubuntu, kita bisa mengakses Applications->Accessories>Terminal. Lakukan change directory ke directory yang sudah disiapkan.b. Untuk dapat sukses melakukan kompilasi dan meluncurkan aplikasi, set-lah setidaknya dua buah variabel lingkungan, yaitu : Variabel lingkungan PATH harus memuat directory di mana perintah java dan javac.
Contoh untuk mengeset variabel lingkungan PATH : $ export PATH=/home/lab/jdk1.6.0_13/bin:$PATH Variabel lingkungan CLASSPATH harus memuat directory di mana file .class dari aplikasi berada. Contoh untuk menge-set variabel lingkungan CLASSPATH : $ export CLASSPATH=/home/lab/tugas Melalui console, jalankan javac : $ javac HelloWorld.java Jika langkah-langkah di atas dikerjakan dengan benar, akan terdapat file HelloWorld.class di dalam directory yang sama. Ceklah dengan: $ ls akan tampil: HelloWorld.class HelloWorld.java Selesai... selamat mencoba

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Komentar

Template by Blogcrowds